Rosidi: Biarkan Panglima Bekerja Hingga Pensiun Rosidi: Biarkan Panglima Bekerja Hingga Pensiun
Menjelang masa pensiun Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, sejumlah kalangan menginginkan agar Presiden Jokowi segera melakukan pergantian. Padahal, Jenderal Gatot memasuki masa pensiun pada... Rosidi: Biarkan Panglima Bekerja Hingga Pensiun

Menjelang masa pensiun Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, sejumlah kalangan menginginkan agar Presiden Jokowi segera melakukan pergantian. Padahal, Jenderal Gatot memasuki masa pensiun pada Maret 2018 nanti. Pada bulan November 2017 ini, ia sudah memasuki MPP (Masa Persiapan Pensiun).

Terkait hal tersebut, Ketua Dewan Pembina Lembaga Bantuan Hukum Anarki Nusantara 56 (LBH Antara 56) Rosidi Roslan berpendapat lain. Menurutnya, Presiden akan lebih bijak bila tidak mengganti Panglima TNI hingga memasuki masa pensiunnya.

“Hal ini supaya Jenderal Gatot tetap fokus menjalankan tugas pokok dan fungsinya mengamankan NKRI,” ujar suami dari ahli gizi dan penulis buku Rita Ramayulis.

Isu seputar Jenderal Gatot, tambah Rosidi, yang ingin berkarier di dunia politik tidaklah benar. “Sejumlah fakta yang dibeberkan Gatot tidak membuktikan bahwa dirinya berambisi ingin terjun ke dunia politik. Saya melihatnya lebih kepada keterbukaan informasi publik seperti amanat Undang-Undang (UU No 14/2008-red),” jelasnya saat ditemui di rumahnya dibilangan Depok, Jawa Barat.

Ketika ditanya sosok yang cocok sebagai pengganti Gatot, Rosidi menyerahkan sepenuhnya kepada Presiden karena hal itu adalah hak prerogatif Presiden.