Jemaah Haji Risti Akan Ditandai Jemaah Haji Risti Akan Ditandai
SekilasKota | Pada musim haji tahun ini, Kementerian Kesehatan RI akan menandai jemaah haji yang masuk kelompok risiko tinggi (risti) dengan tanda warna oranye... Jemaah Haji Risti Akan Ditandai

SekilasKota | Pada musim haji tahun ini, Kementerian Kesehatan RI akan menandai jemaah haji yang masuk kelompok risiko tinggi (risti) dengan tanda warna oranye di Kartu Kesehatan Jemaah Haji (KKJH). Sedangkan kemampuan (istitaah) kesehatan jemaah calon haji akan tetap menjadi persyaratan pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH).

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang Pembimbingan dan Pengendalian Faktor Risiko Haji Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan RI Rosidi Roslan di sela-sela kesibukannya di Jakarta, Rabu, 13 Maret 2019.

“Untuk kebijakan syarat jemaah calon haji harus memiliki kemampuan (istitaaah) kesehatan masih tetap jadi persyaratan pelunasan biaya haji. Calon haji yang tak dapat istitaah kesehatan tidak akan bisa melunasi biaya haji,” terang Rosidi yang juga auditor dan konsultan hukum.

Lebih lanjut Rosidi menambahkan, istitaah kesehatan dikeluarkan setelah jemaah melakukan dua kali pemeriksaan di Puskesmas dan Dinas Kesehatan kabupaten atau kota.

Ada empat kategori istitaah kesehatan, yakni jemaah yang memenuhi syarat kesehatan, istitaah dengan pendampingan alat, orang, maupun obat, istitaah sementara atau ditunda, dan tidak istitaah. Istitaah sementara, tambah Rosidi, bila calon haji menderita sebuah penyakit lalu diberi waktu agar sehat lagi.

“Misalnya, jemaah dirawat selama sebulan lalu dinyatakan sehat sehingga bisa melunasi biaya haji. Bisa juga ditunda selama setahun sehingga baru bisa berangkat haji tahun depan saat sudah sehat,” ujarnya.

Mengenai KKJH, sambung Rosidi, berupa kartu dua lembar yang nantinya dimasukkan ke dalam wadah plastik dan digantungkan di dada jemaah.

“Bisa juga KKJH masuk di tas dokumen jemaah haji sehingga bisa diambil saat ada kebutuhan. KKJH dilengkapi dengan barcode dan QR Code yang bisa dibaca untuk mengetahui riwayat kesehatan jemaah,” jelas pria yang juga sebagai Wakil Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Bung Karno.

KKJH juga berisi keterangan sudah mendapatkan vaksin meningitis dengan stempel dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP). “Hal baru adalah ada tanda oranye di halaman depan KKJH yang menandakan jemaah itu masuk kategori risti, sedangkan jemaah non risti berwarna putih polos,” tukasnya.